News :
Loading...
5/23/2012

Trik agar Website kita terindeks di google Search

Website dan blog sekarang menjadi trend pertukaran informasi baik mulai dari hobi, asal tulis, sharing pengalaman, informasi suatu produk, informasi perusahaan, toko online, bahkan ajang mencari duit (baca : iklan). Itu semua adalah beberapa tujuan di buatnya website atau blog. Sekarang yang jadi masalah bagaimana kita menarik pengunjung, apakah kita berteriak – teriak nama website atau blog kita di jalan raya? Itu merupakan hal bodoh karena sebenarnya dengan kita cukup duduk di depan komputer dengan sedikit goresan (baca : edit) di website dan blog secara tidak langsung website atau blog kita akan banyak dikunjungi orang. Editing yang dilakukan haruslah membuat google menjadi terlena dan mengindex website atau blog kita dengan baik sehingga dalam daftar pencarian website atau blog kita menduduki peringkat 1.

Berikut adalah sedikit trik dan tips agar website atau blog kita terindex google dengan baik :
1. Tambahkan secara manual url website atau blog kita di Google AddUrl.
2. Daftar di Google Webmaster Tool
Google Webmaster Tool merupakan tool penting untuk mengetahui seberapa baik website atau blog kita terindex oleh google. Jika website atau blog kita belum didaftarkan, segera daftarkan karena pendaftarannya bersifat gratis. Setelah mendaftar, maka langkah selanjutnya adalah verifikasi web kita, baik dengan menuliskan kode yang di perintahkan atau menambahkan file html tertentu di root folder kita. Jika sudah di verifikasi, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan Sitemap menggunakan fasilitas di google webmaster. Apa itu sitemap dan bagaimana membuatnya bisa di baca bagian kedua dibawah ini. Berbagai fasilitas tersedia di google webmaster tools ini adalah :
  • Diagnostics, meliputi gambaran umum, web crawl, mobile crawl dan content analysis
  • Statistics, meliputi kata-kata kunci yang paling banyak dicari dan melalui kata kunci tersebut pengunjung datang ke web kita (Top Seacrh Query), ditampilkan per minggu atau per bulan. Apa yang sebenarnya dilihat oleh Googlebot tentang isi web kita, statistik crawl, index dan juga subscriber.
  • Links, berisi jumlah dan detail link-link dari luar yang menuliskan link ke web kita (external link) dan juga link yang mengarah keluar (internal link), serta Sitelinks ( berisi informasi link tambahan yang tampil di google).
  • Sitemaps, untuk menambahkan sitemap web/blog kita, dan statusnya saat ini.
  • Tools, fasilitas tambahan lainnya seperti Robot.txt, set target lokasi geografi dan lainnya.
Jika sudah berjalan sebulan atau lebih, maka google webmaster akan sangat bermanfaat untuk menganalisa tentang web site kita dan bagaimana cara meng-optimalkannya.
3. Tambahkan Sitemap di web/blog
Secara singkat Sitemap merupakan ringkasan apa saja isi website kita. Sitemap biasanya berupa link-link (URL) yang ada di web site kita, baik dalam format HTML maupun XML. Dengan adanya sitemap ini maka akan mempermudah google apa saja yang akan di index (crawl), karena akan dijadikan sebagai referensi utama. Bagaimana membuat sitemap ini ?
Bagi pengguna wordpress ada plugins yang namanya XML sitemap Generator. Dengan plugins ini kita tinggal meng-install, maka ketika kita menulis artikel baru atau mengeditnya, otomatis akan dihasilkan sitemap baru dan otomatis memberi informasi ke beberapa search engine seperti google, MSN, yahoo dan lainnya. Kita juga bisa men-generate sitemap secara manual setiap saat.
Informasi selengkapnya tentang Sitemap, termasuk plugins untuk CMS lainnya bisa dibaca disini XML Sitemap.
4. Sebisa mungkin mengikuti petunjuk penulisan (Webmaster Guidelines)
Google telah membuat petunjuk agar isi web kita bisa optimal. Meskipun hal ini tidak wajib, tetapi ada banyak point-point penting dari apa yang dijelaskan di GoogleWebmaster guidelines yang hendaknya di ikuti. Berikut beberapa point aturan umum dalam membuat konten web/blog :
  • Buat tulisan yang bermanfaat, kaya akan informasi dan tulisan dengan judul sesuai ( Judul mendeskripsikan isinya)
  • Perkiran menulis yang berisi kata-kata yang nantinya akan di cari melalui google atau search engine.
  • Jika menambahkan gambar, pastikan memberikan deskripsi gambar
  • Perhatikan kesalahan penulisan kode HTML ( lebih baik jangan copy paste dari MS Word, karena kode HTML akan berukuran besar dan kadang tidak kompatibel dengan browser)
Masih banyak point-point lainnya yang dianjurkan. Selengkapnya tentang google guidelines ini bisa melihat langsung di Webmaster Guidelines. Selain itu, sebaiknya di hindari artikel yang hanya copy paste saja, karena sepertinya google tidak akan mengindex [dengan baik] artikel yang hanya copy paste dari artikel lain.
 
TOP