News :
Loading...
4/14/2013

Cara membuat Radio Online di Blogger

Infrastruktur yang dibutuhkan:
- Koneksi internet
- Komputer (untuk server)
Hardware yang dibutuhkan:
- Komputer (untuk broadcast)
- Mikrofon
Software yang dibutuhkan:
SHOUTcast DNAS (server) dan DSP Plug-In (for Winamp)
Winamp Media Player
Langkah-langkah:
- Lakukan instalasi dan jalankan aplikasi SHOUTcast DNAS pada komputer yang akan dijadikan sebagai Server.
- Instal Winamp dan SHOUTcast DSP Plug-In pada komputer yang akan dijadikan sebagai studio broadcast atau tempat siaran ke Shoutcast Server.
- Jalankan Winamp, kemudian klik kanan dan pilih “Options” -> “Preferences”.

- Klik DSP/Effect pada opsi Plug-ins dan pilih Nullsoft SHOUTcast Source DSP, kemudian akan tampil jendela SHOUTcast Source dengan menu “Main”, “Output”, “Encoder”, “Input”.
winamp plugin
- Kemudian pilih “Output” dan klik “Connect” untuk terhubung dengan Shoutcast Server.
Cek “Address” apakah sudah sesuai dengan konfigurasi server, pilih “localhost” apabila melakukan instalasi server pada komputer yang juga digunakan untuk broadcast.
Password default adalah “Changeme” (tanpa tanda petik), password dapat diganti dengan melakukan edit file “sc_serv.ini” atau “sc_serv.conf” yang terletak pada direktori Shoutcast Server (C:Program FilesSHOUTcast).
shoutcase source
- Hubungkan Mikrofon pada mic port soundcard PC, lalu kembali ke Winamp, pada SHOUTcast source, pilih “Input”, kemudian ubah “Input device” dari “Winamp (recommended)” menjadi “Soundcard Input”.
Buatlah playlist lagu yang akan dimainkan pada Winamp, lalu sapa pendengar radio online seolah-olah anda sudah menjadi penyiar professional sebelum menyajikan lagu-lagu yang sudah disiapkan untuk disetel. Klik tanda ‘Play’ dan lagu yang disetel akan ter-broadcast melalui internet.
shoutcase input
- Cek dengan menjalankan Winamp dari komputer lain, lalu klik kanan dan pilih “Play” -> “URL” kemudian masukkan alamat URL server yang digunakan contoh: http://url_server:8000
(ganti “url_server” dengan nama domain atau IP address dimana Shoutcast Server dijalankan).
winamp play from url
Kini anda sudah memiliki siaran radio online streaming pribadi, dan dapat anda masukkan pada website/blog anda agar pengunjung semakin betah tinggal di website/blog sambil membaca-baca artikel. Jika perlu dapat dikembangkan dengan membuat toolbar untuk browser agar dapat dipasang pada browser pengguna, sehingga radio anda dapat dikenal secara luas.
Jika pendengar radio online semakin bertambah sebaiknya sewa hosting saja untuk dijadikan sebagai Server, karena memiliki kapasitas bandwidth yang lebih baik agar dapat menampung banyak pendengar dari dunia maya.
Sebenarnya dapat menggunakan software selain SHOUTcast untuk membuat radio online streaming, seperti misalnya Unreal Media Server, SAM2 Broadcaster, Pirate Radio, Peercast, Icecast, Andromeda, dsb. Prinsip kerja dari software-software tersebut hampir sama saja, karena yang membedakan biasanya hanya pada tampilan dan menu.
Bukan hanya sebagai penyiar atau radio online, tetapi anda juga dapat mengasah kemampuan menjadi DJ dengan menambahkan software SHOUTcast Transcoder.
Sekarang anda dapat mengekspresikan bakat dan talenta anda dalam dunia broadcast
 
TOP